Catatan "Strategic Change Management" Pembicara : Reza Sunardi. (Bagian 1)

Dare to Change

Catatan ‘Strategic Change Management’
Pembicara: Reza Sunardi
(Bagain I)

 

Manajemen Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional (STPBI) melalui bagian Humas telah merencanakan program yang sangat luar biasa yaitu seminar yang berkaitan dengan keberlanjutan Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional di masa mendatang. Program ini telah direncanakan jauh hari dan peserta yang disasar adalah pejabat di stuktural manajemen dan dosen tetap Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional (STPBI). Tujuan program ini adalah untuk menyamakan visi dan misi dalam mewujudkan keberlanjutan Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional. Program tersebut diadakan pada hari Sabtu, 12 Agustus 2016 di The Sila’s Agrotourism, Bedugul, Tabanan. Pembicara yang diundang adalah Bapak Reza Sunardi. Jabatan yang beliau emban saat ini adalah General Manager Padma Resort Ubud, Presiden Asosiasi General Manager Hotel di Indonesia, dan juga sebagai Director of Development kampus kita tercinta, Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional.

Beliau menyitir kaliamat dari beberapa pakar maupun orang-orang besar abad ini dalam penyampaian seminarnya. Menurut beliau, musuh terbesar dari sesuatu ‘yang bagus’ adalah ‘yang terhebat’. Yang dimaksud adalah janganlah menjadi orang yang bagus tetapi jadilah pribadi yang terhebat bahkan melampaui yang terhebat lainnya yaitu menjadi yang terhebat dari yang terhebat (the best of the best). Hal tersebut didapat dari seorang penulis kenamaan yaitu James Collins yang mengarang beberapa buku terlaris yaitu Build to Last, From Good to be Great, The Almighty Fall, dan Great by Choice.

Hal itu pula yang membuat beliau bersemangat dan membuat buku yang berjudul ‘Kebangkitan Merek Lokal Industri Perhotelan di Indonesia’, dimana buku ini merupakan pengalaman pribadi beliau dalam memimpin Padma Resort Bali, sebuah merek lokal, dan menjadi hotel terbaik pilihan para wisatawan yang berkunjung dan ‘membunuh’ chain hotel merek internasional.

Judul seminar kali ini adalah Strategic Change Management As A Part Of Strategy In Creating Sustainable Competitive Advantage yang dalam terjemahan bebas dapat diterjemahkan sebagai suatu bagian strategi dalam menciptakan keuntungan kompetisi yang berkelanjutan. Melalui strategi ini diharapkan STPBI mampu membuat sesuatu yang hebat dari yang terhebat secara berkelanjutan. Hari ini merupakan langkah kecil untuk memulai ribuan langkah ke depan dan menyatukan pandangan dan visi bersama dari seluruh pihak di manajemen STPBI dalam mewujudkan visi dan misi secara berkelanjutan.

Masalah besar yang dihadapi oleh manajemen di STPBI saat ini dan perlu adanya perubahan yang cepat dan tegas adalah:

  1. Punctuality (Ketepatan Waktu)
  2. DNA (STPBI harus tahu menciptakan lulusan seperti apa)

Hal ini harus dimulai dari tingkat atas karena seperti ada pepatah asing yang mengatakan Fish fresh and rotten from the head, demikian juga suatu budaya dalam organisasi dapat berubah jika di tingkat atas dapat menjadi teladan. Dari buku From Good to be Great ada beberapa hal yang perlu dilakukan seseorang supaya menjadi yang terhebat, yaitu:

a.      Dicipline thinking

b.      Dicipline people

c.       Dicipline action

Menurut beliau, kebiasaan buruk orang Indonesia yang perlu diubah adalah:

a.       Complacency (cepat puas)

b.      Proscatinating (menunda-nunda)

c.       Inconsistence (tidak konsisten)

Charles Darwin mengatakan It is not the strongest of the species that survives, not the most intelligent, but the one most responsive to change. Satu hal yang secara konstan terjadi dalam kehidupan ini adalah perubahan. (Dav)