Diploma IV of Hospitality Management

DIPLOMA IV MANAJEMEN PERHOTELAN

(SARJANA TERAPAN MANAJEMEN PERHOTELAN)

DIPLOMA IV OF HOSPITALITY MANAGEMENT

 

Program Studi iploma IV Manajemen Perhotelan (Sarjana Terapan Manajemen Perhotelan) merupakan program pendidikan vokasi jenjang diploma 4 bidang perhotelan yang menghasilkan tenaga kerja professional untuk pimpinan tingkat atas bidang perhotelan. Program studi yang telah terakreditasi dengan nilai “B” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) ini memiliki kurikulum yang berbasis kompetensi.

 

 

Program pendidikan vokasi yang dapat ditempuh selama 4 tahun ini menawarkan proses pembelajaran di kampus yang terdiri dari 40% teori dan 60% praktikum, serta satu semester on the job training di bidang operasional di industri perhotelan di dalam dan luar negeri, serta satu semester on the job training manajemen hotel. Untuk memberikan pengalaman internasional, program studi ini memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk mengikuti program magang di berbagai hotel berbintang lima di Amerika dengan visa J1. Selain itu, program studi ini bekerjasama dengan American Hotel and Lodging Educational Institute (AHLEI) untuk program sertifikasi “Certified Guest Service Professional” untuk para mahasiswanya.


 

VISI
Menjadi program studi unggul (excellence), mandiri dan berdaya saing secara nasional maupun internasional  dalam pengembangaan kemampuan ilmu terapan pariwisata khususnya pada bidang pengelolaan perhotelan dan lulusannya bekerja pada tingkat pimpinan atas di bidang usaha jasa akomodasi pada tahun 2022.

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan dengan menggunakan kurikulum berbasis kompetensi di bidang manajemen perhotelan.
  2. Meyelenggarakan penelitian terapan dalam bidang manajemen perhotelan.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang manajemen perhotelan dalam rangka pembangunan industri hospitaliti berkelanjutan
  4. Menyediakan sarana laboratorium yang sesuai dengan kemajuan teknologi.
  5. Menjalin jaringan kerjasama dengan asosiasi profesi, industry, dan pemangku kepentingan lainnya di bidang manajemen perhotelan.
  6. Menyelenggarakan pengendalian mutu proses pemberlajaran yang mengacu pada standar internasional sehingga mendapat pengakuan dari pasar institusi pendidikan pariwisata internasional.

 

 

Selain memiliki dosen senior yang berpengalaman dalam mengajar bidang pariwisata, program studi ini didukung oleh para dosennya yang creative dan innovative yang berusia relatif masih muda dengan latar belakang pendidikan S2 dan S3. Dosen program studi ini telah tersertifikasi “Certified Hospitality Educator” dari American Hotel and Lodging Educational Institute (AHLEI). Untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan terkini, para praktisi dari industri pariwisata dan perhotelan juga dilibatkan dalam proses pembelajaran di program studi ini.

Beberapa mata kuliah yang akan dipelajari:

  1. Pengelolaan Restoran dan Bar
  2. Pengelolaan Tata Boga
  3. Pengelolaan Kantor Depan
  4. Pengelolan Tata Graha dan Dobi
  5. Pengelolaan MICE
  6. Analisa Operasional Hotel
  7. Manajemen Sumber Daya Manusia
  8. Aplikasi Manajemen
  9. Manajemen Strategic
  10. Manajemen Pemasaran Digital Hospitality

Profil lulusan dari program studi Diploma IV Manajemen Perhotelan adalah:

  1. General Manager
  2. Human Resources Manager in Hospitality Industry
  3. Sales and Marketing in Hospitality Industry
  4. Food and Beverage Service Manager in Hospitality Industry
  5. Executive Chef in Hospitality Industry
  6. Room Division Manager in Hospitality Industry
  7. Entrepreneurs in Hospitality Accomodation Business
  8. Food and Beverage Business Entrepreneurs
  9. Business Entrepreneurs Event Organizers

 

Keunggulan program studi Diploma IV Manajemen Perhotelan:

  1. Terakreditasi ”B” dari Badan Akreditasi Nasional
  2. Pendidikan Vokasi yang memiliki ciri khas pengelolaan perhotelan.
  3. Dosen Kombinasi Akademik dan Praktisi berpengalaman industri perhotelan dengan kompetensi terkini
  4. Program Pendidikan Vokasi dengan real practice
  5. Fasilitas pendidikan terbaik menyerupai standar hotel internasional ( Restoran, Kitchen, Mock up room, Front office, Laundry)
  6. Fasilitas penunjang yang lengkap (Perpustakaan, Lab.Bahasa, Lab Komputer, Hotel Praktek, Tempat Ibadah, Kantin)
  7. Kesempatan Training di dalam /luar Negeri (program JI USA, Dubai, Jepang, Singapore, Thailand, Malaysia)
  8. Pelaksanaan training sebanyak dua kali (operasional training dan manajemen training)
  9. Bekerjasama dengan American Hotel and Lodging Educational Institute (AHLEI).