Proud History

SEJARAH BERDIRINYA SPB DAN IPB INTERNASIONAL

PROUD HISTORY

Institut Pariwasata dan Bisnis Internasional (disingkat dengan IPBI) bernaung di bawah Yayasan Dharma Widya Ulangun Denpasar. IPBI merupakan hasil pengembangan dari Sekolah Perhotelan Bali (disingkat dengan SPB) yang juga bernaung di bawah Yayasan Dharma Widya Ulangun Denpasar. Berikut ini akan diuraikan perkembangan IPBI yang merupakan pengembangan dari SPB.

Sekolah Perhotelan Bali ( The Bali Hotel School ), yang disingkat dengan SPB, adalah lembaga pelatihan kerja swasta berada di bawah Yayasan Dharma Widya Ulangun, yang didirikan berdasarkan Akte Notaris nomor : 180 ( seratus delapan puluh ), tanggal 27 Maret 2000. Para  pendiri  utamanya  7 ( tujuh ) orang terdiri dari : 

  1. I Gede Widjana,
  2. Drs. I Nyoman Gede Astina, M.Pd,
  3. I Made Sudjana, SE, MM,
  4. Drs. I Wayan Arcana, M.Pd,
  5. Drs. I Made Kornelius, M.Pd,
  6. I Wayan Djanten, SE., dan
  7. I Nyoman Restuyasa, A. Md. Par.

 

Berdirinya Sekolah Perhotelan Bali (SPB) Pada Tahun 2000

Ketujuh orang tersebut di atas, sepakat membentuk Yayasan Dharma Widya Ulangun  untuk mendirikan  Sekolah   Perhotelan  Bali ( The Bali Hotel School ). Program – program yang dibuka terdiri dari Tingkat Menengah ( Middle Level ). Program tersebut rencananya akan dikembangkan menjadi Program Upper Level  dan setelah itu akan ditingkatkan lagi menjadi Spesialis 1 atau ke Diploma IV serta program – program lain yang lebih tinggi. Di samping itu, diselenggarakan  pula program kursus singkat (Short Course), khususnya program untuk pelatihan kapal pesiar yang bekerja sama  dengan  PPTKIS Bali Duta Mandiri  Denpasar.

Peresmian  berdirinya Sekolah Perhotelan Bali (The Bali Hotel School) dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 3 Juni 2000 bertepatan dengan hari Tumpek Landep, yang ditandai dengan diadakannya upacara mecaru dan  melaspas area Kampus Sekolah Perhotelan Bali (The Bali Hotel School), hal ini dipakai sebagai hari kelahiran Sekolah Perhotelan  Bali (The Bali Hotel School). Mahasiswa   angkatan  I ( pertama ) Tahun Akademik  2000 / 2001,  pelaksanaan Pendidikan Dasar Sikap Profesi ( PDSP ) dimulai pada hari Senin, tanggal 21 Agustus 2000 sesuai dengan kalender Akademik yang telah disusun.

 

Diresmikannya STPBI (Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional) Pada Tahun 2008

Sebelum beralih status dan menyandang nama IPB Internasional seperti yang kita ketahui saat ini, lembaga ini bernama Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional atau disingkat STPBI. Berbeda dengan SPB, STPBI merupakan lembaga pendidikan yang menjalankan program pendidikan tinggi pada jenjang Diploma dan Sarjana. Ide untuk membuka lembaga pendidikan tinggi pada jenjang sarjana merupakan buah pemikiran dari para pendiri. Setelah melalui serangkaian tahapan, akhirnya pada tahun 2008 Surat Keputusan penyelanggaraan pendidikan tinggi dikeluarkan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Adapun program studi yang dibuka pada saat itu adalah:

 

Beralih Status Menjadi Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional Pada Tahun 2020

Sebagai upaya untuk selalu berinovasi dan menjadi lembaga pendidikan pariwisata terbaik di Indonesia, STPBI kembali mengajukan pembukaan program studi baru. Kali ini ada dua program studi baru yang diajukan, yang keduanya berada di ranah bisnis. Program studi tersebut adalah S1 Bisnis Digital dan S1 Kewirausahaan. Setelah usulan tersebut dierima oleh kementerian pendidikan, STPBI kembali beralih status pada tahun 2020 menjadi Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional atau disingkat IPB Internasional. Dengan demikian, program studi yang dimiliki saat ini adalah: