Bachelor of Digital Business (S1)

S1 BISNIS DIGITAL

BACHELOR OF DIGITAL BUSINESS

Visi

Menjadi program studi yang unggul, mandiri dan memiliki daya saing secara internasional dalam bidang bisnis pariwisata yang berbasis teknologi informasi pada tahun 2030.

Misi

  1. Mengembangkan dan meningkatkan ilmu bisnis pariwisata berbasis teknologi informasi
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pengembangan bisnis pariwisata berbasis teknologi informasi
  3. Menyediakan sarana laboratorium yang menggunakan teknologi terbaru dalam meunjang proses pembelajaran
  4. Menjalin kerjasama dengan stakeholder pariwisata untuk bersinergi mengembangkan bisnis dalam bidang pariwisata yang berbasis teknologi Informasi.

 

Mahasiswa yang telah dinyatakan lulus pada program studi ini memiliki kemampuan dalam mengelola usaha pariwisata berbasis teknologi informasi. E-Bussiness, E- Tourism dan E-marketing dikuasai dengan baik, sehingga lulusan program studi S1 Bisnis digital ini dapat bekerja pada industri pariwisata berbasis teknologi informasi. Lulusan Program studi S1-Bisnis Digital juga diharapkam mampu membangung usaha pariwisata dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam pengelolaannya.

Beberapa mata kuliah yang akan dipelajari:

  1. e-Tourism
  2. e-Marketing
  3. e-Business
  4. e-Hospitality
  5. e-Tour operator
  6. Magang di perusahaan start-up, sektor bisnis dan pariwisata, bisnis tour and travel, dll.

Profil Lulusan program studi S1 Bisnis Digital adalah :

Memiliki kemampuan sebagai manajer penjualan pada usaha digital pariwisata. Fungsi dan tugas pokoknya dalam perusahaan yaitu mengembangkan, mengimplementasikan dan mengelola strategi penjualan produk perusahaan. Selain kemampuan tersebut, mereka juga memiliki kemampuan mengembangkan usaha melalui pengenalan merek dan lini produk kepada masyaraat luas dengan memanfaatkan media digital.

 

Memiliki kemampuan sebagai pengelola dan pengembang media digital milik perusahaan. Fungsi dan tugasnya adalah untuk memantau media digital milik organisasi yang dikelolanya. Selain itu mereka juga mampu membuat dan merubah content dalam media digital yang dikelolanya, membangun dan mengelola profil media sosial, menganalisis dan mengukur setiap pencapaian yang mengacu pada target serta metode yang digunakan untuk mengelola media digital.

 

Memiliki kemampuan antara lain mengkolaborasikan pihak-pihak pemilik produk pariwisata, mengelola seluruh proses penjualan, termasuk Pengembangan dan strategi konten, Desain Website, perencanaan bisnis, Analisis dan Teknologi web.

 

Memiliki kemampuan untuk membangun usaha sendiri. Lini produk yang dapat ditawarkan dari usaha yang dibangun adalah produk berbasis teknologi informasi untuk membantu stakeholder Pariwisata dalam mengembangkan produk-produk pariwisata. Seperti misalnya membangun usaha agen travel online, membangun usaha e-commerce untuk membantu UKM dalam memasarkan dan menjual produk mereka dengan lingkup worldwide.

 

Memiliki kemampuan membimbing, mendampingi dan memberikan konsultasi bagi pengusaha-pengusaha pariwisata digital dalam pengembangan usaha. Dimulai dari membangun sistem penjualan berbasis digital, dan sistem pemasaran berbasis digital.

 

Memiliki kemampuan dalam transfer keahlian dan ilmu pengetahuan bidang pengembangan bisnis pariwisata digital.

Keunggulan dan keunikan prodi ini adalah mengacu pada proses pembelajaran yang mengasah kemampuan serta keterampilan mahasiswa dalam mengelola, mengembangkan, dan menciptakan bisnis pariwisata berbasis digital. Keunggulan lainnya yang menunjang proses perkuliahan di program studi S1 Bisnis Digital diantaranya: