Facilities

FASILITAS KAMPUS

CAMPUS FACILITIES

Institut Pariwisata dan bisnis Internasional beralamat di Jalan Kecak, No. 12 Gatot Subroto Timur, Denpasar. Lokasi ini sangat strategis, karena terletak di pusat Kota Denpasar dengan akses yang sangat mudah namun tetap nyaman untuk melaksanakan proses pendidikan. Mahasiswa juga akan sangat mudah menemukan tempat makan, shopping center, cafe, percetakan, tempat kebugaran, dan sarana penunjang lainnya. Berikut adalah beberapa sarana dan prasarana yang dimiliki oleh kampus IPB Internasional guna mendukung kegiatan belajar mengajar di kampus.

 

Memiliki empat lantai, yang terdiri dari ruang kelas, perpustakaan, ruang program studi, laboratorium bahasa, dan laboratorium komputer.

 

Memiliki 4 lantai, yang terdiri dari ruang kelas dan kantor penyaluran dan penempatan kerja resmi Bali Duta Mandiri.

 

Gedung Arjuna terdiri dari empat lantai, lantai 1 difungsikan untuk gerai saham, inkubator bisnis, cafetaria, dan travel agent. di lantai 2 terdapat Baris Kitchen dan Baris Restaurant. di Lantai 3 terdapat ruang kelas internasional, dan di lantai 4 terdapat perpustakaan.

 

Auditorium multifungsi berkapasitas 180 orang di lantai tiga yang biasa digunakan untuk berbagai perhelatan seperti seminar, lomba, rapat, dll. Di lantai dua terdapat Kecak Restaurant dan SPB SPA Training Center.

 

Terdiri dari lantai basement untuk ruang dosen, lantai satu untuk Reception, Akademik, dan LP3M. Lantai dua terdiri dari ruang Kemahasiswaan dan PKN, Keuangan, Kepegawaian, Humas, dan LPM. Lantai tiga terdiri dari ruang Ketua Yayasan Dharma Widya Ulangun, Ruang Rektor, Wakil Rektor, Ruang Yayasan, dan Ruang Meeting.

 

SPB Maritime Training Center merupakan salah satu unit yang ada di kampus IPB Internasional. Unit ini memberikan pelatihan serta sertifikasi bagi mahasiswa ataupun tenaga kerja yang akan bekerja di kapal pesiar, maupun kapal laut lainnya.

 

Lab Tour and Travel terletak di Nakula Building lantai 4. Dalam ruangan ini, terdapat beberapa counter sebagai tempat mahasiswa mempelajari ticketing, reservasi, check-in counter, dan juga terdapat meeting room.

 

SPB SPA Training Center merupakan salah satu unit lainnya yang dimiliki oleh IPB Internasional. Fasilitas Spa yang dimiliki sangat representatif untuk kegiatan pelatihan spa, mulai dari body massage, akupressure, hair and beauty salon, jacuzzi, dll.

 

Terdapat empat tipe kamar yang digunakan untuk kegiatan praktek Housekeeping para mahasiswa, yaitu Suite Room, Double Bedded Room, Twin Bedded Room, dan Twin Bedded Cabin. Seluruh ruang kamar memiliki klasifikasi model dan material interior yang berbeda agar mahasiswa dapat mengenal berbagai media yang berbeda.

 

Terdapat empat Restoran praktek yang dapat digunakan untuk kegiatan praktek mahasiswa dan penyelenggaraan event. Keempat restoran tersebut adalah Janger Restaurant, Kecak Restaurant, Legong Restaurant, dan Baris Restaurant. Seluruh restoran dilengkapi dengan Bar, coffee machine, pantry, dan steward area.

 

Terdapat empat buah Bar yang difungsikan sebagai tempat mahasiswa belajar membuat aneka mixing drink baik alcoholic maupun non alcoholic. Selain itu juga terdapat coffee machine sebagai media mahasiswa belajar membuat aneka minuman kopi dan latte art.

 

Di setiap Lab Bar juga dilengkapi dengan coffee machine. Dengan adanya coffee machine ini, mahasiswa juga akan didik untuk dapat menjadi barista. Materi yang diajarkan mulai dari membaut espresso, cappuccino, hingga latte art.

 

Terdapat lima dapur praktek yang luas dan sangat representatif untuk mahasiswa belajar memasak. Masing-masing dapur terdiri dari Hot Kitchen Section, Gardenmanger, Bakery, Pastry, dan Butcher.

 

Laboratorium Front Office atau Kantor Depan didesain menyerupai front office di hotel berbintang, yang mana terdapat section Concierge, Reception, Guest Relation Officer, dan Front Office Cashier. Selain itu, dilengkapi juga dengan komputer dan sistem untuk memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa.

 

Concierge merupakan salah satu sub-department yang terdapat di Front Office, disini mahasiswa akan bertugas di lini terdepan sebuah hotel yang juga memiliki tanggungjawab untuk menangani barang bawaan tamu yang datang ke hotel.

 

Terdapat juga laboratorium Laundry atau Binatu sebagai bagian dari Housekeeping Department. Lab Laundry IPB Internasional dilengkapi dengan washing machine, tumbler (dryer), aneka steam pressing machine, dan fasilias penunjang lainnya yang selayaknya ruang Laundry yang ada di industri perhotelan.

 

Laboratorium Bahasa disiapkan bagi mahasiswa untuk menunjang proses pembelajaran bahasa, khususnya bahasa asing. Terdapat fasilitas berupa komputer, headphone, dan audio yang akan menunjang kegiatan belajar mengajar mahasiswa dan dosen.

 

Untuk menunjang hard skill mahasiswa, disediakan Lab Komputer sebagai tempat mahasiswa mempelajari sistem-sistem perangkat lunak yang digunakan di industri pariwisata dan perhotelan. Sehingga, mahasiswa nantinya telah memiliki kesiapan ketika terjun ke dunia industri.

 

Perpustakaan merupakan salah satu kebutuhan sekunder mahasiswa untuk menambah wawasan mereka. Buku yang disediakan tidak hanya berupa fisik, melainkan juga e-book yang dapat diakses melalui perangkat komputer yang tersedia di ruang perpustakaan.

 

Salah satu olahraga yang digemari oleh mahasiswa IPB Internasional yang juga telah berprestasi di tingkat nasional adalah Basket. Lapangan ini biasa digunakan oleh para mahasiswa untuk berlatih di saat akhir pekan.

 

Ruang kelas full ac, white board, lcd & projector, dengan kapasitas maksimal 35 orang per kelas. 

 

Studio terletak di Gedung Nakula lantai 2. Ruangan studio dilengkapi dengan green screen, broadcaster camera, lighting, audio, mixer multiple camera. Ruangan studio dapat digunakan oleh mahasiswa untuk keperluan broadcasting, webinar, video shooting, dan lain sebagainya.

 

Inkubator Bisnis IPB Internasional terletak di Gedung Arjuna lantai 1. Pada unit ini mahasiswa IPB Internasional dapat mendapat pelayanan berupa konsultasi bisnis, pengembangan bisnis, pembuatan rencana usaha, pengembangan jaringan bisnis, akses pembiayaan, pendirian legalitas usaha, pendaftaran HKI dan BPOM, serta mengembangkan strategi pemasaran.

 

Kantin IPB Internasional terletak di Gedung Arjuna lantai 1, berada satu kawasan dengan Arana Travel, Inkubator Bisnis, dan Koperasi IPB Internasional.

 

Koperasi IPB Internasional terletak di Gedung Arjuna lantai 1. Disini menyediakan makanan ringan, minuman, sembako, perlengkapan mandi, dll. 

 

Arana Tour and Travel terletak di Gedung Arjuna lantai 1. Disini anda dapat memesan berbagai paket wisata dan tiket transportasi. Arana Tour and Travel dikelola oleh Program Studi DIV Manajemen Pariwisata.